Bencana alam terjadi di Dataran Tinggi Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Kecamatan Ijen hari ini, Rabu (29/1/2020) sekitar pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat. Jantung wisata Kabupaten Bondowoso terkena Banjir Bandang yang berisi lumpur dan campuran bahan lainnya.

Banjir Bandang Terjang di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso
Kawasan Kecamatan Ijen

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari hasil review situs Banjir Bandang oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Bondowoso, Drs. Harry Patriantono, MM dan berkoordinasi dengan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, memperoleh informasi bahwa beberapa jalan dan rumah penduduk di sepanjang daerah perumahan yang terkena dampak terkena dampak di Desa Kalisat dan Desa Sempol yang tertutup lumpur dan beberapa campuran bahan dalam bentuk serpihan kayu. .

Hal ini disebabkan oleh hujan yang terjadi di kawasan hulu, tepatnya gunung Ijen yang notabene digunduli akibat sisa Hutan dan Kebakaran Lahan (KARHUTLA) yang terjadi pada pertengahan 2019.

Demikian juga, informasi dikumpulkan dari hasil koordinasi Tim Reaksi Cepat (ODTW) Wisata DISPARPORA Bagian bersama dengan Kelompok Kesadaran Pariwisata dan rekan-rekan dari Penjaga DTW yang bertugas di Wilayah Kecamatan Ijen, yang banjir bandang terjadi. besarnya sangat kuat juga melewati daerah di sepanjang tepi sungai dekat DTW Blawan Hot Springs.

Banjir mulai surut sekitar pukul 16:30 Waktu Indonesia Barat dan mulai membersihkan kegiatan di lokasi yang terkena dampak.