Puncak Piramid Bondowoso - Berpetualang ke hutan dan gunung itu sungguh luar biasa, membutuhkan mental yang kuat, kesabaran dan keuletan. Berbagai persiapan harus disiapkan beberapa hari sebelum berangkat berpetualang.

Destinasi yang satu ini mungkin belum pernah anda kunjungi, pernah dengar tapi kami yakin kalian belum pernah berkunjung apalagi sampai puncak. Wisata baru di kabupaten Bondowoso yakni Puncak Piramid.

Puncak piramid berlokasikan di Desa Ardisaeng kecamatan Pakem Kab. Bondowoso. menuju ke puncak kalian harus melalui pintu masuk di dusun tegal tengah Desa Curahpoh Kecamatan Curahdami Bondowoso.

Di tegal tengah terdapat lahan luas untuk perkemahan dan juga ada villa. Jangan khawatir jika tidak membawa peralatan, panitia siap menyewakan peralatannya.

Jika ingin menuju puncak bukit piramid, diharapkan sudah berada di perkemahan Jam 6 pagi karena estimasi perjalanan sampai puncak sekitar 6 jam dan turun ke puncak harus sampai pada pukul 6 Sore.

Rute menuju Puncak Bukit Piramid tidak semudah rute menuju kawah ijen yang sudah nyaman di lalui. Dalam perjalanan menuju puncak ada kawasan batas vegetasi, kawasan vegetasi ini kawasan berbahaya yang sering pendaki kesasar.

Pendaki sejati sudah tahu apa yang akan dilakukan ketika kesasar di hutan, banyak persiapan yang sudah siap di pakai seperti kompas, api, dan peralatan tidur.

Setelah melewati kawasan batas vegetasi bukit piramid, kalian langsung menuju bukit piramid, jalan mulai menanjak dengan kemiringan 20 - 45 derajat. Jalan cuma setapak, sebelah kiri jurang dan sebelah kanan juga jurang dengan kedalaman 300 meter.

Di atas bukit tidak ada pohon besar untuk berteduh di siang hari, yang ada hanya rumput ilalang yang tumbuh subur. Jangan menyalakan api, rumput mudah terbakar meluas dengan cepat apalagi angin sepoi-sepoi menambah api meluas.


Puncak piramid berada di ketinggian 1500mdpl, di atas kita dapat melihat kota bondowoso dan kesuburan alam. Keindahan alam yang mempesona terlihat jelas, moment seperti ini rugi tidak di abadikan dengan kamera andalan anda.

Jangan berlama-lama di atas bukit, untuk turun di butuhkan waktu yang lama juga lewati jalur yang sama dan tantangan yang sama. Kalian harus sampai perkemahan pada pukul 6 sore (Maghrib).

Sekian dulu penjelasan rute dan estimasi perjalanan menuju puncak piramid yang indah. Rawat alam kita kita, jangan merusaknya, dan jangan pernah menyerah.